Friday, September 15, 2017

Cara Budidaya Udang Vaneme Dengan Cara Tradisional Menggunakan Pupuk Yatop

Selamat datang di blog pupuk Organik Yatop  Panen melimpah petani senang virus hilang export udang tercapai

image_20170915_072541.jpg

1.Cara memelihara udang vaname tidak terserang virus Wsf/Mio/Bercak putih dll. ?

Sehat itu paling utama, pertama yang wajib di sterilkan yaitu Air terlebih dulu. Taburlah Pupuk 3 Liter/hektar ke area tambak dengan dikombinasikan air, lakukan penaburan serata mungkin. Hal ini bertujuan agar air tidak tercampur bakteri, seimbang, hewan kecil seperti plangkton dan phyto plankton berkembang secara cepat serta kondisi tanah didasar tambak cepat berlumpur seperti tepung, sehingga udang tidak cepat naik ke atas dan nyaman saat di dasar lumpur, maka nanti hasilnya udang akan berkembang dengan cepat. Usahakan setiap 1 pekan sekali di tabur yatop sebanyak 1 liter/hektar tujuannya adalah untuk tetap menjaga keseimbangan ekosistem di wilayah tambak, menjaga kesehatan udang lebih aktif, lincah dan jatah makannya akan meningkat 3 kali lipat. Penaburan yatop sebanyak 1 liter/hektar setiap 1 minggu sekali adalah hal yang harus, dikarenakan untuk mencegah situasi cuaca ekstrem yang berubah-ubah. Kebutuhan yatop untuk 1 hektar berkisar 15 liter hingga bisa panen. ( 3 bulan ).

2. Bagaimana udang yang sulit moulting ( berganti kulit ) sehingga pertumbuhannya tidak cepat ?


Udang cepat besar dicirikan dengan kelihatan moulting. Udang yang sehat moultingnya cepat namun kalau udang susah moulting dipastikan ada sesuatu yang kurang di area tambak. Masalahnya ini harus ditemukan. Tetapi untuk menemukan faktor penyebabnya itu yang susah bahkan petani malas untuk memeriksa. Rata-rata pembudidaya kita pengen instan. Faktor udang tidak moulting dikarenakan kulit udang mengeras. Solusinya adalah Taburkan yatop sebanyak 5 liter/hektar semakin banyak yatop di tabur ke tambak maka udang moulting akan lebih cepat. Sipat pupuk yatop itu sedikit perih kalau terkena luka, perihnya tersebut dalam waktu sekian detik atau menit, apabila kena kulit udang maka udang akan cepat berganti kulit. Biasanya udang akan berganti kulit dalam waktu 4 hari.

3. Bagaimana udang stress/teller masih dapat diselamatkan ?Udang bisa stress

karena banyak factor, misalkan adalah kondisi di area tambak tidak seimbang, kekurangan protein di dasar, tengah dan di atas air. Yatop adalah pupuk yang mengandung banyak sekali protein tinggi. Ciri-cirinya adalah jika tutup botol sedikit di buka kemudian ditutup kembali maka proteinnya otomatis muncul ke permukaan berwarna putih. Jika udang stress/teller dan naik ke atas maka solusinya adalah taburkan Pupuk Yatop sebanyak 3 liter/hektar kemudian tunggu sebentar 1 sampai 3 jam, apakah udang turun kembali ke dasar atau tidak. Jika masih belum turun juga maka tebarkan lagi pupuk yatop sebanyak 1 – 2 liter lg. Semakin banyak yatop di tabur maka semakin cepat udang turun ke bawah dan normal kembali. Jika udang sudah stress dan pulih kembali dengan yatop maka Usahakan dilakukan penebaran pupuk yaotp sebanyak 1 liter/hektar secara kontinyu setiap 1 pekan sekali. Jangan lewat satu minggu dikarenakan akan menyebabkan udang stress lagi.

4. Bagaimana tambak yang sudah tidak produktif / jarang menghasilkan masih bisa diperbaiki ?

Tambak yang sudah rusak/kurang produktif masih bisa diperbaiki, caranya adalah harus dikembalikan ke alam. Pakai kotoran sapi, dikarenakan di dalam lument sapi terdapat banyak mikroba yang bermanfaat buat tanah dan dapat bertahan sampai 3 bulan. Resep pembuatan Kotoran sapi sebagai berikut. : 1 LITER PUPUK YATOP + 5 KILOGRAM KOTORAN SAPI BARU + 50 LITER AIR. Fermentasi selama 1 minggu, setiap hari di aduk selama 5 menit. Setelah 1 minggu taburkan ke tambak dalam kondisi macak-macak. Biarkan sampai 5 hari setelah timbul lumut sutera kemudian isi tambak hingga penuh. Kebutuhan kotoran sapi sebanyak 50 kg/hektar. Kotoran sapi harus yang baru, maksimal 3 hari setelah keluar dari dubur sapi

  Kelebihan Pupuk Yatop Buat Udang Vanamei

Menurut pengalaman di Lapangan pupuk Yatop memiliki karakteristik yang unik dan jarang ditemui di berbagai wilayah di Tanah Air. Kelebihannya adalah sebagai berikut :

1. Dapat Menetralisir Air Payau

Air payau untuk udang bisa dinetralisir oleh pupuk Yatop dalam waktu berkisar 3 jam. Caranya : Masukan air payau ke dalam gelas (240 cc) kemudian masukan pupuk yatop. Air payau yang terasa asin akan berubah menjadi netral selama kurang lebih 3 jam, dan garamnya akan turun ke dasar gelas. Lama-lama air tersebut berasa seperti manis jambu air.

2. Dapat Menetralisir Residu Kimia Dalam Air

Air yang sudah tercemar oleh limbah dari pabrik bisa dinetralisir oleh pupuk Yatop dalam kurun waktu 3 hari. Air tambak yang telah tercemar dalam waktu 3 hari akan berubah warnanya. Makanya saya memberikan saran sebelum udang dimasukan ke area tambak alangkah baiknya ditabur yatop dulu jika sudah 3 hari barulah masukan benih udang.

3. Ph Air Dan Ph Tanah Akan Seimbang

Setelah air dan tanah di tabur pupuk yatop maka dalam waktu 3 hari kondisinya menjadi seimbang. Hal ini sudah terbukti dengan melakukan test kertas lakmus dimana PH tanah {berubah menjadi|menjadi| 6. Apabila PH sudah seimbang maka udang pun akan berkembang dengan subur.

4. Tanah Lumpur Akan Menjadi Halus Seperti Tepung

Tanah lumpur yang telah diberi pupuk yatop maka lumpurnya akan mengalami perubahan menjadi halus seperti tepung dalam kurun waktu 4 hari. Semua mikroba tanah akan bereaksi dikarenakan yatop merupakan sumber makanan untuk bakteri.

5. Lumut Sutera Menjadi Tumbuh

Tambak yang di taruh dengan Yatop akan tumbuh lumut sutera, paling cepat 4 hari sampai 1 minggu. Lumut sutera bagus sebagai sumber makanan udang.

6. Mengobati Luka Pada Udang

Udang yang terserang oleh penyakit, Virus atau lainnya dapat diobati dalam waktu 30 menit. Apabila lumpurnya sudah mengandung pupuk yatop maka udang yang terkena luka masuk ke dalam lumpur dan lukanya akan cepat sembuh.

7. Plankton Berkembang Dengan Subur

Tambak yang telah di tabur pupuk yatop dalam jangka waktu 3 hari akan terlihat plankton-plankton yang hidup didasar, tengah dan permukaan air.

8. Udang Stress Normal Kembali

Apabila melihat udang yang sedang stress atau minggir ke atas permukaan maka udang itu hidupnya tak akan bertahan, esok atau lusa udang akan mati. Apabila melihat peristiwa seperti itu maka solusi tepatnya Tebarkan Yatop 3 liter perhektar, dalam kurun waktu 3 jam udang akan sehat kembali dan kembali ke dasar tambak. Udang setelah ditabur pupuk akan lebih gesit/lincah.

9. Daging Udang Bebas Residu


Udang yang telah menggunakan yatop ketika dipanen dagingnya sudah terbebas dari bahan kimia. Warna udang akan cerah, daging kenyal, rasa gurih. Pupuk Organik Organik Yatop di resmikan Oleh Bupati malinau Dr.yansen TP.M.SI 15 Oktober 2014

bupati-malianu.jpg

Untuk Konsultasi dan pemesanan langsung dengan Umar yatop di no 085286231111

khusus yang menggunakan Hp bisa langsung mengunjungi link di bawah ini

 klik di sini untuk pemesanan Pupuk Yatop melalui wa

klik di sini untuk menghubungi kami

Klik di sini untuk melakukan pemesanan